Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adu Kecepatan Exynos vs Snapdragon, Apa Bedanya?

Exynos vs Snapdragon

Memilih sebuah telepon pintar sering kali tidak mudah. Banyak hal yang harus di perhatikan mulai dari chipset, RAM, memori internal, resolusi dan sebagainya. Prosesor merupakan salah satu komponen penting yang harus dipertimbangkan dalam memilih sebuah smartphone. sering kali orang membandingkan exynos vs snapdragon sebelum menentukan pilihan smartphonenya.

Mengapa prosesor sangat penting untuk diperhatikan? karena prosesor memiliki peran yang cukup penting. Peran prosesor mempengaruhi kinerja dan fitur yang ada dalam smartphone kita. Sebagai perbandingan Snapdragon 865 sudah mendukung fitur 5G sedangkan Snapdragon 665 belum.

Di Indonesia terdapat banyak jenis chipset yang bisa kamu gunakan, misalnya exynos dari Samsung, Snapdragon dari Qualcomm, Helio dari MediaTek dan lainnya. Exynos dan Snapdragon merupakan salah satu chipset yang populer di Indonesia. Kali ini Maskecap akan mencoba menguji performa dari kedua chipset tersebut berdasarkan data benchmark. Yuk simak ulasan berikut ini agar kamu tidak salah memilih smartphone.

Sejarah Singkat Exynos

Jika kalian seorang Samsung enthusiast, pasti kamu sering mendengar chipset atau prosesor bernama Exynos. Exynos di kembangkan oleh perusahaan Samsung Electronics, perusahaan elektronik yang berasal dari Korea. Di awal tahun 2011, Samsung pertama kali merilis Exynos 4210 di smartphone seri Samsung Galaxy S II.

Exynos kebanyakan dipakai oleh ponsel buatan Samsung sendiri, tetapi ada juga brand smartphone lain yang menggunakan chipset buatan Samsung ini seperti ponsel buatan Meizu yang bernama Meizu M6s. Hal ini membuktikan bahwa chipset buatan Samsung ini tidak bisa dianggap remeh untuk segi kualitasnya.

Kelebihan Prosesor Exynos

Chipset Exynos merupakan salah satu chpset yang tangguh dan mampu bersaing dengan chipset-chipset yang ada pada saat ini. Salah satu keunggulan dari prosesor Exynos adalah penggunaan memori RAM yang lebih sedikit serta konsumsi daya yang lebih hemat pula.

Exynos sering mempercayakan kepada GPU Mali untuk urusan grafis. Dengan Hadirnya GPU Mali ini, tentu akan menambah performa disisi grafis. GPU Mali akan memberikan kamu suasana gaming yang seru dengan grafis yang memukau.

Sejarah Singkat Snapdragon

Snapdragon yang dirilis oleh Qualcomm memulai debutnya pada tahun 2007. Seiring bejalannya waktu, Qualcomm terus mengembangkan chipset bernama Snapdragon ini hingga pada akhirnya di tahun 2010 keatas mengalami perkembangan yang pesat. Era ponsel pintar mulai berkembang dan banyak dari brand-brand terkenal pembuat smartphone mulai melirik chipset Snapdragon ini.

Perusahaan Qualcomm mengembangkan prosesor Snapdragon dengan banyak variasi mulai dari entry-level hingga kelas high-end. Faktor itulah yang membuat chipset Snapdragon banyak diketahui dan digunakan oleh orang-orang di dunia.

Kelebihan Prosesor Snapdragon

Prosesor Snapdragon memiliki keunggulan pada performanya. Di dampingi oleh GPU Adreno yang memiliki kualitas bagus menjadikan prosesor ini memiliki kinerja yang baik apalagi dalam performa grafis seperti untuk gaming dan editing.

Kebanyakan orang pengguna android mempercayakan dapur pacu androidnya pada chipset keluaran Qualcomm ini. Dengan banyak review yang baik dari orang-r\orang, chipset ini memiliki fans yang tersebar di seluruh dunia. Keren bukan. Nah, bagaimana jika kita bandingkan dengan chipset Exynos milik Samsung pasti akan menarik.

Perbandingan Exynos vs Snapdragon

Di dalam persaingan pastilah ada sebuah kelebihan dan kekurangan, begitu juga di dunia chipset android. Exynos vs Snapdragon merupakan hal yang tidak baru lagi, kedua chipset tersebut telah bersaing cukup lama dalam industri smartphone. Yuk kita sima perbandingannya.

1. Harga Exynos dengan Harga Snapdragon

Exynos sering kali digunakan oleh ponsel dari samsung sendiri, kita tahu bahwa terkadang smartphone dari Samsung memiliki harga yang lumayan tinggi dikelasnya. Jika dibandingkan dengan harga, maka bisa disimpulkan bahwa chipset Exynos memiliki harga yang lebih tinggi dari pesaingnya yaitu Snapdragon.

Kebanyakan smartphone dengan chipset Snapdragon memiliki harga yang relatif terjangkau. Misalnya ponsel pintar dari Xiaomi. Perusahaan Xiaomi sering kali merilis ponsel pintar bertenaga chipset Snapdragon dengan harga yang relatif terjangkau di kelasnya. Jadi untuk urusan harga kita tahu siapa pemenangnya, tetapi apakah harga yang ditawarkan sebanding dengan kualitasnya?

2. Kualitas Dari Performa Chipset

Harga sering kali menjadi patokan untuk menentukan kualitas dari smartphone, lalu apakah harga dari ponsel bertenaga Exynos memiliki kualitas yang sebanding dengan ponsel bertenaga chipset Snapdragon?

Exynos memiliki kemampuan konsumsi daya yang sedikit tetapi kualitas yang dihasilkan juga baik. Untuk segi gaming pun sangat memadai dan juga dilengkapi fitur fast charging dari Samsung sendiri. hal itu tadi masuk ke dalam pertimbangan untuk menjadikan Exynos sebagai salah satu chipset yang tangguh. Lalu bagaimana dengan Snapdragon?

Snapdragon juga memiliki kemampuan untuk menghemat daya sehingga tidak terlalu boros serta dapat menampilkan kualitas grafis yang menakjubkan berkat GPU Adrenonya. Kebanyakan pengguna android saat ini lebih memilih chipset Snapdragon untuk urusan hp flagship. Tetapi apakah Exynos tidak bisa dipercaya? belum tentu.

3. Dukungan Kamera

Untuk dukungan kamera, prosesor Snapdragon lebih unggul karena dapat mendukung kamera dengan pixel yang lebih tinggi. Tetapi jika bukan kamera yan kamu cari maka hal ini tidak begitu pengaruh pada pilihanmu nanti. Bagaimana kalau kita bandingkan salah satu prosesor flagship dari Exynos dan juga prosesor flagship dari Snapdragon?

Perbandingan Exynos 990 vs Snapdragon 865

Exynos vs Snapdragon

Untuk segi fabrikasi, Exynos 990 dan Snapdragon 865 memiliki bentuk fabrikasi yang sama yaitu 7nm. Dengan bentuk yang kecil seperti itu pastilah mempunyai kemampuan hemat konsumsi daya yang baik. Untuk saat ini memanglah seimbang, tetapi coba kita lihat spesifikasi lainnya.

Pada chipset Exynos, GPU yang digunakan adalah Mali-G77 MP11. Sedangkan untuk Snapdragon menggunakan Adreno 650. Keduanya merupakan GPU untuk seri flagship dan memang tidak ada perbedaan signifikan dari ini.

Pada dukungan kamera barulah sedikit terasa. Exynos hanya mendukung single camera dengan kualitas 108MP dan dual camera 24.8MP. Sedangkat untuk Snapdragon dapat mendungkung hingga 200MP ke atas untuk single camera dan 25MP ke atas untuk dual camera.

Dari spesifikasi diatas, memang terlihat bahwa performa chipset Snapdragon lebih unggul daripada performa chipset Exynos. Tetapi hal itu belum sepenuhnya benar karena dibutuhkan pengujian yang lebih teliti lagi untuk perbandingan ini. Karena itu kita coba tonton video berikut ini.

Perbandingan Galaxy S20 Ultra Exynos 990 vs S20 Ultra Snapdragon 865


Untuk perbandingan yang lebih detail dapat simak video diatas. Dengan membandingkan brand yang sama yaitu Samsung tetapi dengan prosesor yang berbeda. Dengan video diatas kami harap kamu bisa menjadi tahu mana yang terbaik untuk kamu. Apakah Exynos atau malah Snapdragon. Itulah ulasan mengenai Exynos vs Snapdragon. Semoga postingan ini bermanfaat.
Yusuf Fadhilah
Yusuf Fadhilah Menyukai teknologi dan mengabadikannya dengan blogging. Selamat menikmati.

Posting Komentar untuk "Adu Kecepatan Exynos vs Snapdragon, Apa Bedanya?"

Berlangganan via Email