Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Hp Android Lambat dan Lemot Di 2020

Cara Mengatasi Hp Android Lambat dan Lemot Di 2020

Halo sobat, pastilah di tahun 2020 ini banyak sekali dari kalian yang kesal karena semakin bertambahnya umur HP Android maka berkurang juga performanya. Meski HP Android kamu sudah di bekali dengan prosesor terkini dan memori ram 2gb bahkan sampai 8gb itu belum menjamin bakal lancar terus hingga 3 sampai 5 tahun mendatang.

Baca Juga : Keunggulan Android, Os Smartphone Sejuta Umat

Ini merupakan tips sederhana agar hp android kamu menjadi lancar sehingga lebih nyaman untuk dipakai. sebelumnya kalian harus tau penyebab hp android lemot agar kamu tidak mengulangi kesalahan yang sama. Penyebab hp android ada beberapa faktor mulai dari internal yaitu lamanya pemakaian, aplikasi yang terlalu banyak kemudian faktor eksternal yaitu terkena debu, air dan bahkan pernah jatuh dari ketinggian. Nah, berikut ini cara mengatasi hp android lamban dan lemot di tahun 2020.

1. Hapus aplikasi yang tidak terpakai

Cara ini memang cukup efektif. Coba kita memakai logika, ketika semakin banyak aplikasi maka akan semakin banyak juga aplikasi yang akan berjalan di balik layar. Hal ini yang selalu membuat hp kamu lamban. sekaligus memberi nafas ram hal ini juga memberi nafas pada memori internal. Bagus bukan, mendayung 1 kali 1 sampai 2 pulau terlewati.

2. Hindari Penggunaan Animasi

Menggunakan animasi juga dapat membuat hp kamu lambat. Mengapa? itu dikarenakan animasi selalu bergerak bahkan di balik layar pun animasi tetap bergerak. Animasi ini bergerak dengan memakan ram dari hp kamu. jadi jika kamu ingin hp bertambah cepat mulai sekarang jangan gunakan animasi di hp kamu.

3. Aplikasi antivirus yang sebenarnya tidak perlu

Tidak perlu takut untuk menguninstal aplikasi antivirus karena perlu kamu tahu sebenarnya hp android terkini sudah dibekali dengan google play protect yang akan mendeteksi aplikasi berbahaya ketika kamu menginstal suatu aplikasi. Seperti yang kita ketahui aplikasi antivirus selalu berjalan di balik layar dan pastinya memakan ram yang lumayan juga loh. Jadi segera uninstal ya.

4. Pastikan Selalu Memperbarui Sistem dan Aplikasi

Pihak developer dari sistem hp kamu maupun aplikasi pasti selalu membuat perbaruan yang bisa kamu instal dan di setiap perbaruan aplikasi atau sistem pastilah memperbaiki masalah dari sistem atau aplikasi yang terdahulu. Sehingga hpmu juga mengalami peningkatan performa.

5. Bersihkan Cache Aplikasi

Dalam sebuah aplikasi selalu terdapat yang namanya cache, cache adalah data sementara sehingga aplikasi dapat membuka lebih cepat karena data aplikasi tersebut sudah pernah di akses. Tapi taukah kamu kalau cache juga dapat memperlambat kinerja hp android kamu. Bukan hanya memperlambat tapi juga dapat memakan memori internal. Jadi mulailah hapus cache hp kamu sekarang juga.

Caranya mudah, masuk ke pengaturan, kemudian klik aplikasi, pilih aplikasi kemudian klik cache dan hapus. Mudah banget kan.

6. Factory Reset atau Format Ulang Ke Setelan Pabrik

Ini adalah langkah terakhir, meski tidak sama ketika kamu pertama kali membeli hp tapi factory reset ini memberikan dampak yang signifikan. Perlu diingat bahwa data anda akan terhapus semua kecuali data bawaan hp.

Dengan beberapa tips di atas, Hp android anda pasti menjadi lebih baik. Itu dia beberapa tips cara mengatasi hp android lambat dan lemot di tahun 2020. Rawat hp kamu karena di jaman sekarang hp sudah menjadi kebutuhan primer bukan sekunder lagi. Hidup kita tidak bisa terlepas dari yang namanya teknologi handphone. semoga tips ini bermanfaat, terima kasih.
Yusuf Fadhilah
Yusuf Fadhilah Nama Yusuf, suka main, suka makan dan suka tidur, tapi punya cita-cita banyak. Kalau lu lagi baca di blog ini, selamat kita saudara se hobi. Welcome to My Journey!

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Hp Android Lambat dan Lemot Di 2020"

Berlangganan via Email