Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Komputer, Sejarah, Komponen dan Jenisnya Secara Lengkap

Pengertian Komputer Lengkap
Pengertian Komputer, Sejarah, Komponen dan Jenisnya Secara Lengkap
Masa ini, komputer sangat berperan penting dalam kegiatan sehari-hari, tugas hingga pekerjaan saat ini banyak menggunakan komputer. Bukan hanya untuk mengerjakan tugas, berkomunikasi pun bisa melewati komputer. Tapi apakah kamu mengerti apa itu komputer? dijaman modern seperti ini, wajib kamu tahu apa itu komputer. Simak pengertian komputer di ulasan berikut ini.

Komputer adalah alat elektronik yang digunakan untuk mengolah data. Pada awal kemunculannya, komputer generasi pertama hanya dipergunakan untuk menyelesaikan perhitungan aritmatika. Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmetika. Sangat mengherankan ketika kita tahu bahwa komputer yang memiliki fungsi seperti itu, tetapi sekarang bisa melakukan banyak hal.

Komputer modern sekarang ini digunakan untuk menyelesaikan tugas bahkan yang tidak berhubungan dengan matematika. Evolusi komputer akan membuat kita takjub, dengan pemikiran orang-orang jaman dulu, dapat memunculkan ide-ide baru yang sangat membantu hidup manusia di jaman sekarang ini.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

1. Robert H. Blissmer

Menurut Robert H. Blissmer, pengertian komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

2. Donald H. Sanders

Menurut Sanders, pengertian komputer adalah sistem elektronik yang digunakan untuk memanipulasi data yang cepat serta tepat, dirancang dan diorganisasikan agar dapat secara otomatis menerima dan menyimpan data, memproses data hingga menghasilkan output berdasarkan perintah yang sudah tersimpan di dalam memori.

3. Donald H. Sanders

Menurut Sanders, pengertian komputer adalah sistem elektronik yang digunakan untuk memanipulasi data yang cepat serta tepat, dirancang dan diorganisasikan agar dapat secara otomatis menerima dan menyimpan data, memproses data hingga menghasilkan output berdasarkan perintah yang sudah tersimpan di dalam memori.

Komponen dari Komputer

Komponen dari Komputer

Komponen komputer adalah hal terpenting dalam membangun sebuah komputer, kamu harus mengetahuinya secara lengkap agar kamu tahu harus melakukan apa jika suatu saat komputermu mengalami kerusakan. Ada 2 komponen untuk membangun komputer.

Hardware (Perangkat Keras)

Hardware adalah komponen fisik yang digunakan komputer untuk menyalurkan data, sehingga komputer dapat beroperasi dengan normal. Hardware bagian-bagian penting, ketika salah satu bagian hilang maka komputer kamu akan bermasalah. Berikut komponen hardware dari komputer.

  • Motherboard adalah papan sirkuit tempat kita menghubungkan komponen lainnya. Tanpa adanya motherboard, komponen lainnya tidak akan bisa terhubung. Hal ini membuat motherboard menjadi komponen terpenting dalam sebuah komputer. Untuk urusan gaming maka baiknya menggunakan juga motherboard gaming murah.
  • Prosesor sering disebut otak dari komputer. Memiliki fungsi sebagai pengontrol antara kinerja komponen sehingga komputer tercipta sinkronisasi kerja antar komponen dalam komputer. Prosesor melakukan pengambilan data dari input data kemudian memberi intruksi kepada komponen lainnya sehingga menghasilkan data output. Semakin besar core dan kecepatannya, maka semakin baik juga kinerjanya.
  • RAM adalah suatu memori tempat penyimpanan data sementara. Fungsi RAM sendiri adalah mempercepat pemprosesan data pada komputer. Semakin besar RAM yang dimiliki maka akan semakin cepat pula komputer tersebut. RAM bisa mempercepat kinerja dari komputer, sebab RAM menyediakan ruang penyimpanan sementara untuk komputer.
  • Hard Disk adalah komponen komputer yang digunakan sebagai tempat penyimpanan data dari berbagai proses input data, dan data yang disimpan ini dapat dibuka kapan saja selama tidak dihapus dari hard disk. Semakin besar kapasitas hard disk, maka semakin baik juga kinerja komputer.
  • Kartu Vga adalah komponen yang berfungsi untuk mengubah data input menjadi data output berupa tampilan grafis pada layar monitor. Untuk proses desain grafis dan pemutaran video, diperlukan kartu grafis dengan kualitas tinggi.
  • Power Supply (PSU) adalah komponen yang berperan untuk menyuplai tegangan atau arus listrik ke komponen komputer lainnya dengan cara mengubah arus AC ke arus DC, sehingga komputer dapat berjalan dengan normal semestinya. Power supply memiliki banyak konektor. Dan masing-masing dari konektor memiliki fungsi yang berbeda. Walaupun sebagian kabel memiliki tegangan listrik yang sama, tetapi setiap konektor sudah dikelompokkan berdasarkan fungsinya.
  • Monitor adalah komponen output yang menampilkan gambar berdasarkan data yang kita input. Data yang kita masukan akan ditampilkan dalam monitor, sehingga kita bisa membaca data tersebut. Semua monitor memiliki jenis resolusi yang digunakan untuk menampilkan gambar. Ukuran inci LCD memberitahu apa jenis resolusi yang tersedia.
  • Keyboard adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai input data berupa huruf, simbol dan nomor. Memiliki banyak sekali tombol yang berbeda fungsi, karena itu keyboard memiliki fungsi yang cukup penting dalam hal input ke dalam perangkat lunak, tentunya jika ada kesalahan bahkan kerusakan dari keyboard ini akan sangat mengganggu.
  • Mouse adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai input data dengan cara mengatur pergerakan kursor secara cepat dan memberi perintah hanya dengan menekan tombol mouse. Di perangkat mouse, terdapat sebuah bola kecil yang akan menangkap pergerakan mouse dan mentransfer sinyal listrik ke prosesor.

Software (Perangkat Lunak)

Software adalah kumpulan data yang disimpan secara digital di dalam komputer termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer .Ketika komputer sudah dibangun secara fisik, maka untuk menjalankannya dibutuhkan sistem operasi dan aplikasi, inilah yang kita sebut software.

Software dirancang sedemikian rupa oleh komputer untuk membuat intruksi yang akan diproses oleh sistem komputer. Contoh dari software pada komputer adalah sistem operasi, aplikasi, dan data. Dengan bantuan software, kita bisa memberi intruksi yang kemudian akan diproses oleh komputer.

Cara Menyalakan Komputer yang benar

1. Hubungkan Komputer ke Sumber Daya

Cara Menyalakan Komputer yang benar

Komputer membutuhkan daya listrik untuk beroperasi, pastikan komputermu tersambung dengan daya listrik agar bisa menyala. Untuk memberi daya listrik pada komputermu, sambungkan kabel power ke power supply dan sisi lainnya ke stop kontak. PSU akan mengubah aliran listrik dari stop kontak yang awalnya arus AC menjadi DC.

2. Tekan Tombol Power yang Berada Di Casing Komputer

Cara Menyalakan Komputer yang benar

Temukan tombol power pada komputermu, jika sudah ketemu barulah tekan tombol power. Posisi tombol power ini berbeda-beda, tergantung pada CPU komputermu. Setelah menekan tombol power, monitor akan menyala dan akan terdengar suara kipas dari dalam CPU, ini menandakan bahwa komputermu sedang melakukan booting dan akan menyala dalam beberapa saat.

3. Komputer Siap Digunakan

Cara Menyalakan Komputer yang benar

Setelah komputer melakukan booting, maka monitor akan menampilkan tampilan dekstop yang artinya komputer sudah bisa kamu gunakan. Untuk memasukan data dan memberi perintah pada komputer, kamu harus menggunakan keyboard dan mouse. Kamu bisa bermain game, mengerjakan tugas, dan masih banyak lagi.

Cara Mematikan Komputer Dengan Benar Sesuai Prosedur

Setalah kita tahu cara untuk menghidupkan komputer dengan benar, maka selanjutnya kita juga harus tahu cara mematikan komputer dengan benar. Untuk mematikan komputer dengan benar cukup mudah sekali.

1. Pastikan Semua Aplikasi Sudah Tertutup

Memastikan semua aplikasi sudah tertutup sebelum mematikan komputer adalah salah satu hal yang penting, ini mencegah komputer melakukan penutupan paksa saat akan shutdown atau mati. Dengan begitu komputer tidak akan mengalami error saat akan mati.

2. Cari Tombol Shutdown, Lalu Klik

Kamu bisa menemukan tombol shutdown dengan cara klik kiri pada bagian logo windows (berada di pojok kiri bawah layar). kemudian cari tombol bertuliskan shutdown. Dengan menekan tombol itu, komputer kalian akan mati.

Jenis-Jenis Komputer

Komputer dari generasi awal hingga sekarang memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda, hal ini mengikuti perkembangan zaman yang ada pada saat ini. Inilah jenis-jenis komputer dari awal sampai sekarang.

1. Personal Computer (PC)

Personal Computer (PC)

Personal Computer (PC) adalah Komputer yang digunakan oleh satu orang saja dan didesain hanya untuk pribadi. Harga PC relatif terjangkau, biasanya digunakan penggunaannya untuk keperluan penelitian di lapanan dan berpindah-pindah. 

2. Desktop 

Desktop

Desktop adalah komputer yang digunakan secara umum dimana penggunaannya untuk keperluan penelitian di lapanan dan berpindah-pindah seperti kantor dan toko. Kurang lebih sama dengan personal computer

3. Laptop

Laptop

Laptop adalah komputer yang memiliki bentuk slim dan dapat dibawa kemana saja, dinamakan laptop karena komputer jenis ini sering digunakan di atas (top) pangkuan (lap). Komponen laptop mulai dari Cpu, keyboard dan monitor sudah menyatu.

4. Palmtop

Palmtop

Palmtop adalah komputer dengan ukuran kecil yang bisa kamu pegang dengan satu tangan, memiliki nama lain komputer genggam, komputer saku dan PDA. Bentuknya hampir mirip smartphone. Komputer ini sudah jarang ditemui karena sudah sangat langka.

5. Notebook

Notebook

Notebook adalah komputer yang didesain hampir sama dengan laptop hanya bedanya ia lebih tipis dan juga fitur yang diberikan terbatas. Umumnya digunakan oleh pelajar karena membutuhkan perangkat yang ringan dan bisa dibawa kemana saja.

6. Subnotebook

Subnotebook

Subnotebook adalah komputer serupa notebook tetapi memiliki ukuran lebih kecil dari notebook biasa. Notebook saja udah kecil, bagaimana dengan Subnotebook ya, pasti lebih kecil lagi.

Baca Juga : Aplikasi Edit Video Terbaik di Komputer dan Laptop

Sudah Paham Bukan?

Itulah pengertian komputer secara lengkap, pada umumnya komputer berasal dari beberapa komponen yang dihubungkan menjadi satu, Mulai dari Motherboard, Prosesor, Ram, dan masih banyak lagi, kemudian di aliri listrik guna menyala. Di jaman modern ini, komputer sangat penting untuk menunjang kehidupan sehari-hari.
Yusuf Fadhilah
Yusuf Fadhilah Nama Yusuf, suka main, suka makan dan suka tidur, tapi punya cita-cita banyak. Kalau lu lagi baca di blog ini, selamat kita saudara se hobi. Welcome to My Journey!

Posting Komentar untuk "Pengertian Komputer, Sejarah, Komponen dan Jenisnya Secara Lengkap"

Berlangganan via Email