Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Snapdragon vs MediaTek, Lebih Bagus Mana?

Bagus mana, Snapdragon atau MediaTek

Persaingan chipset atau prosesor di platform android hingga saat ini masihlah sangat ketat, Snapdragon vs mediaTek salah satunya. Terbukti dengan perusahaan Qualcomm yang belum lama ini ingin merilis chipset Snapdragon 865 Plus dan disatu sisi perusahaan Mediatek pun tidak mau kalah.

Sama seperti PC, prosesor di android juga memegang peranan penting. Semakin tinggi kualitas prosesor, maka semakin banyak juga fitur yang tersedia. Snapdragon yang dirilis oleh perusahaan Qualcomm dan MediaTek merupakan salah satu chipset yang paling banyak digunakan. Kedua brand ini selalu bersaing dengan cara mengeluarkan chipset terbaru. Yuk simak perbandingan berikut ini.

Sejarah Singkat Prosesor Snapdragon

Mungkin kamu bertanya-tanya, Siapa sih yang menciptakan chipset Snapdragon ini?. Chipset Snapdragon ini diperkenalkan oleh perusahaan bernama Qualcomm pada tahun 2007. Pada awalnya membuat chipset ini hanyala bisnis sampingan dari perusahaan Qualcomm. Kemudian pada tahun 2010 keatas hadirlah era smartphone, era ini lah yang membuat prosesor Snapdragon milik Qualcomm terus berkembang pesat.

Apakah kamu tahu mengapa Qualcomm memberi nama prosesor ini Snapdragon?. Juru bicara dari Qualcomm mengatakan "because Snap and Dragon sounded fast and fierce", artinya "Karena Snap dan Dragon terdengar cepat dan ganas". Sesimpel itu untuk memberi nama, tetapi meskipun begitu performa yang dihasilkan memanglah terbukti cepat dan ganas.

Kelebihan Prosesor Snapdragon

Salah satu kelebihan chipset Snapdragon ini adalah adanya GPU integrasi yang bernama adreno. Adreno adalah graphics processing unit (GPU) yang dikembangkan oleh Qualcomm. Pada awalnya adreno adalah milik ATI Radeon, tetapi setelah ATI menjualnya kepada AMD pada 2006 dan AMD tidak melanjutkan pengembangannya. Maka diambil ahli lah oleh Qualcomm.

Kehadiran Adreno disisi Qualcomm menambah keunggulan chipset besutan Qualcomm ini. Kebanyakan pengguna android diluar sana menggunakan prosesor Snapdragon karena performa yang sudah terbukti sangat luar biasa pada kelasnya.

Beberapa Jenis Prosesor Unggulan Snapdragon Terbaik di Kelasnya :
  • 200 series : Snapdragon 215
  • 400 series : Snapdragon 450
  • 600 series : Snapdragon 675
  • 700 series : Snapdragon 765G
  • 800 series : Snapdragon 865

Sejarah Singkat Prosesor MediaTek

MediaTek adalah perusahaan semikonduktor dari Taiwan yang didirikan pada tahun 1997. Memproduksi chip untuk komputer, televisi dan perangkat telephone genggam seperti smartphone dan tablet. Di Mobile World Congress 2014, MediaTek merilis merek barunya "Everyday Genius", dengan istilah "Super-mid market", tujuan hal tersebut adalah untuk membuat smartphone lebih mudah diakses dengan harga terjangkau ke pasar yang lebih luas. Oleh karena itu, harga smartphone yang menggunakan prosesor MediaTek sering kali harganya lebih terjangkau.

Kelebihan Prosesor MediaTek

Ada beberapa kelebihan yang bisa kita temukan di chipset besutan MediaTek ini. Beberapa orang memandang remeh performa dari chipset milik MediaTek ini, padahal jika kita telusuri lebih jauh lagi, kita akan menemukan fakta bahwa chipset dari perusahaan MediaTek ini semakin tahun semakin berkembang.

Prosesor MediaTek menawarkan harga yang lebih terjangkau dengan performa yang tidak jauh berbeda dari pesaingnya. Semakin berkembangnya teknologi smartphone, MediaTek berusaha berinovasi membuat prosesor Deca Core (10 Core) pertama.

Prosesor Deca Core dari MediaTek :
  • Helio X20
  • Helio X23
  • Helio X25
  • Helio X27
  • Helio X30

Perbandingan Snapdragon vs MediaTek

Snapdragon vs MediaTek
MediaTek Helio G70 vs Snapdragon 665
Dalam perbandingan dari segi performa untuk setiap kelasnya, mulai dari entry-level hingga high-end, didapatkan hasil bahwa Snapdragon mempunyai nilai rata-rata unggul. Review dari youtube maupun situs-situs lainnya kebanyakan membuktikan bahwa chipset snapdragon lebih unggul untuk setiap kelasnya. Tapi perlu digaris bawahi bahwa tidak semua prosesor Snapdragon selalu unggul.

Performa GPU Adreno milik Snapdragon memiliki kecepatan yang lebih kencang daripada GPU pada chipset MediaTek. Hal itu berdampak pada konsumsi RAM pada smartphone masing-masing platform. Adreno yang memiliki kecepatan lebih cepat, lebih banyak memakan RAM daripada milik MediaTek

MediaTek G90T vs Snapdragon 730G


Dalam video perbandingan diatas, kita bisa melihat bahwa MediaTek G90T vs Snapdragon 730G memiliki performa yang bisa dikatakan sama. Di setiap hasil uji benchmark Snapdragon lah pemenangnya, tetapi dengan nilai yang kurang lebih sama bahkan terkadang hanya selisih puluhan saja, saya rasa performa yang dimiliki kedua smartphone ini adalah sama.

Dalam kelas menengah, kualitas kedua chipset ini bisa dikatakan bersaing karena sama-sama memiliki performa yan tidak jauh berbeda. Tetapi jika kamu berbicara smartphone flagship, maka Snapdragon adalah jawabannya. Hingga saat ini masih belum ada yang bisa menandingi prosesor Snapdragon 865 dari Qualcomm ini,

Jika kamu ingin membeli smartphone kelas mid-range dengan harga yang lebih terjangkau dan performa yang bersaing, maka pilihlah MediaTek. Jika kamu ingin performa yang lebih unggul sedikit, maka pilihlah Snapdragon. Bagaimana? apakah kamu masih bingung dalam menentukan smartphone mana yang cocok untukmu? aku rasa tidak.

Itulah artikel mengenai Snapdragon vs MediaTek. Semua platform memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dengan informasi yang tepat maka kamu tidak akan bingung lagi untuk membeli smartphone yang cocok untuk dirimu. Semoga artikel ini bermanfaat.
Maskecap
Maskecap Panggil saja Maskecap. Seseorang yang menyukai teknologi dan mengabadikannya melalui blogging. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Snapdragon vs MediaTek, Lebih Bagus Mana?"

Berlangganan via Email