Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Yang Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Yang Tidak Terbaca
Penyebab Dan Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Yang Tidak Terbaca
Hardisk eksternal tidak terbaca sering kali menjadi permasalahan yang kita hadapi. Menurut survey, 9 dari 10 orang akan panik jika hardisk eksternal yang digunakan selama ini tiba-tiba tidak terbaca, hal itu bukan tanpa alasan, hardisk menyimpan data penting dari penggunanya dan apabila tiba-tiba rusak pasti penggunanya akan menjadi panik. Untuk itu kamu harus tahu cara memperbaiki hardisk eksternal yang tidak terbaca.

Kali ini Maskecap akan memberikan informasi tentang cara mengatasi hardisk eksternal yang tidak terbaca, tetapi sebelum itu kamu harus mengetahui penyebab hardisk tidak terbaca terlebih dahulu. Dengan mengetahui penyebabnya, kamu akan tahu apa yang harus diperbaiki dari hardisk eksternalmu.

Penyebab Hardisk Eksternal Tidak terbaca

Penyebab Hardisk Eksternal Tidak terbaca
Penyebab Hardisk Eksternal Tidak terbaca
Ada beberapa penyebab yang membuat hardisk eksternal milikmu menjadi rusak dan susah terbaca, berikut adalah penyebabnya.

1. Kabel USB Bermasalah

Kabel USB adalah suatu benda yang berfungsi untuk menyalurkan data dari komponen satu ke koponen lain, salah satunya hardsik eksternal ke PC. Jika ditemukan fungsi kabel USB rusak, maka data yang semestinya disalurkan akan tidak masuk ke PC.

2. Windows Tidak Mengenali Driver

Ketika kita menyambungkan perangkan input data seperti mouse dan keyboard ke PC, Windows akan secara otomatis mendeteksi dan mengenali perangkat apa yang tersambung tadi, begitu juga dengan hardisk. Jika driver dari hardisk tidak terbaca, maka data pun juga tidak akan bisa terbaca.

3. Hardisk Terjatuh dan Terbentur

Komponen komputer adalah komponen yang rentan dengan guncangan dan benturan. Ketika hardisk terbentu maka bisa saja ada beberapa komponen didalamnya menjadi rusak, bisa saja dari perangkat mesinnya maupun drivernya.

4. Casing Hardisk Longgar

Jika casing hardisk mengalami kelonggaran maka port SATA dengan converter ke USB akan menjadi susah terpasang, dengan begitu hardisk dengan otomatis tidak akan terbaca.

5. Harddisknya Sudah Berumur

Semua perangkat komputer memiliki umur, umur ini menentukan kinerja komponen nantinya. Jika Hardisk sudah kamu pakai lebih dari 6 tahun dan tiba-tiba rusak, itu adalah hal yang wajar.

6. Mati Listrik Tiba-Tiba

Listrik mati bisa menjadi oenyebab yang fatal pada sebuah hardisk. Dengan adanya listrik yang mati tiba-tiba besar kemungkinan hardisk milikmu akan mengalami konslet dan bahkan bisa menjadi rusak permanen.

Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Yang Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Yang Tidak Terbaca
Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Yang Tidak Terbaca
Setelah kita tahu penyebab dari mengapa hardisk kita tidak terbaca, maka langkah selanjutnya adalah memperbaikinya. Berikut adalah cara memperbaiki hardisk eksternal yang rusak.

1. Mengganti Kabel USB

Jika kamu mengalami masalah pada kabel USB, kamu bisa mengatasinya dengan menggantinya dengan yang baru. Hardisk memiliki dua macam jenis kabel USB. Pertama adalah USB Tipe-C yang memiliki ukuran tebal. Kedua adalah USB to USB (male).

2. Instal Ulang Driver Hardisk

Jika kamu mengalami masalah pada driver hardisk, maka yang perlu kamu lakukan adalah mengisntal ulang driver hardisk tersebut. Berikut caranya.
  1. Search dan Buka Device Manager
  2. Cari Driver USB Attached SCSI (UAS) Mass Storage Device
  3. Pada Device tersebut kamu klik kanan dan klik Update Driver Software
  4. Kemudian klik Browse My Computer For Driver Software
  5. Lalu pilih Let Me Pick From A List Of Device Drivers On My Computer
  6. Pastikan Show Compatible Hardware hanya tercentang pada USB Attached SCSI (UAS) Mass Storage Device
  7. Jika sudah klik next, kemudian instal sampai selesai

3. Ganti Letter Pada Harddisk

Beberapa kasus, terdapat hardisk yang sudah terdeteksi namun tidak memiliki letter akibatnya hardisk tidak dapat terbaca. Kamu bisa mengatasinya dengan menambah letter pada hardisk eksternal milikmu. Berikut adalah caranya.
  1. Search dan buka disk management.
  2. Selanjutnya Klik kanan pada disk yang ingin diganti letter-nya.
  3. Klik Change Drive Letter and Path
  4. Kemudian klik Add atau change untuk mengubah letter drivenya.
  5. Ikuti petunjuknya sampai selesai.

4. Mengganti Casing Hardisk

Di dalam casing terdapat Port SATA dan juga converter ke USB, Jika hal tersebut rusak maka hardisk tidak akan terbaca. Kamu bisa menggantinya dengan membelinya di toko perangkat komputer, harganya mulai dari Rp50.000 hingga yang mahal pun ada.

Hardisk memang menjadi salah satu komponen penting dalam penyimpanan data, maka dari itu kamu harus merawatnya dengan baik agar tidak mengalami kerusakan. Itulah artikel mengenaik cara memperbaiki hardisk eksternal yang tidak terbaca. Semoga bermanfaat.
Maskecap
Maskecap Panggil saja Maskecap. Seseorang yang menyukai teknologi dan mengabadikannya melalui blogging. Semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "Penyebab Dan Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Yang Tidak Terbaca"

Berlangganan via Email