Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Lampu Philips LED dan Spiral

Cara Memperbaiki Lampu Philips LED dan Spiral

Lampu merupakan benda terpenting dalam kehidupan manusia. Tanpa lampu, dunia saat ini pasti akan gelap gulita setiap malamnya. Sering kali kita temui sebuah lampu yang terkadang bermasalah, entah itu memiliki cahaya redup ataupun mati total. Oleh karena itu, kita harus tahu cara memperbaiki lampu Philips.

Salah satu brand yang terkenal dengan produksi lampunya adalah Philips. Seiring perkembangan zaman, teknologi semakin canggih dan akhirnya terciptalah lampu LED dan Spiral. Banyak orang telah beralih ke lampu LED daripada lampu biasa, hal ini karena lampu LED memiliki keunggulan yaitu ramah lingkungan dan hemat energi, meskipun harganya lebih mahal dari lampu biasanya.

Jika anda mengalami masalah dengan lampu, kamu tidak perlu susah-susah membawanya ke tempat servis karena kamu dapat memperbaikinya sendiri. Cara ini cukup mudah dan bisa dilakukan semua orang jika melakukannya dengan benar dan sesuai prosedur. Kali ini Maskecap akan memberikan informasi mengenai cara memperbaiki lampu philips mulai dari LED, Spiral, cahaya redup, dan mati total. Simak ulasan berikut ini.

Cara Memperbaiki Lampu Philips LED dan Spiral

  1. Buka casing lampu dengan cara diputar.
  2. Siapkan peralatan elemen solder, avometer multitester, dan pinset.
  3. Uji satu per satu micro LED dengan peralatan avometer multitester. Jika ada micro LED yang tak menyala, artinya micro LED tersebut putus.
  4. Kemudian tandai micro LED yang tak menyala tadi.
  5. Jika kamu tidak memiliki avometer multitester, kamu bisa melihat secara kasat mata bercak hitam gosong pada bagian micro LED.
  6. Jika terdapat bercak hitam, maka micro LED tersebut putus. 
  7. Lepas bagian komponen luar LED.
  8. Letakkan komponen LED di elemen solder dengan posisi micro LED yang telah ditandai tadi berada tepat di atasnya.
  9. Lepas micro LED yang putus tadi dengan menggunakan pinset.
  10. Setelah micro LED dilepas, satukan kedua posisi positif dan negatif menggunakan solder. Hal ini memiliki fungsi sebagai jalur untuk menghidupkan micro LED yang lainnya.
  11. Pasangkan kembali bagian komponen luar ke dalam body lampu.
  12. Lampu LED pun akan menyala kembali.
Cara ini mampu digunakan untuk mengatasi lampu yang redup dan juga mati. Jika kamu tidak ingin repot untuk memperbaikinya kamu bisa membawanya ke tempat servis atau membeli baru. Jika kamu paham mengenai listrik dan teknisi pasti kamu bisa memperbaikinya sesuai prosedur diatas.

Lampu merupakan suatu benda yang memiliki manfaat bagi kehidupan manusia, tanpa lampu dunia ini akan terasa gelap. Itulah artikel mengenai cara mengatasi lampu philip yang mati mulai dari LED, Spiral, redup, dan mati total.

Jika kamu ingin melihat informasi  menarik lainnya seputar teknologi, kamu bisa mengunjungi blog Maskecap setiap harinya. Jika kamu ingin menerima notifikasi dari blog ini, kamu bisa mulai berlangganan blog ini dengan memasukan emailmu. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.
Maskecap
Maskecap Panggil saja Maskecap. Seseorang yang menyukai teknologi dan mengabadikannya melalui blogging. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Lampu Philips LED dan Spiral"

Berlangganan via Email